Sunday, May 22, 2016

Cara Root Android Lenovo S660

Lenovo S660. Guidebelajar kali ini akan menshare tutorial cara melakukan root pada Android yaitu dengan melakukan root pada Lenovo S660. Sekedar informasi saja bahwa jika anda melakukan root maka anda akan bertindak selaku superuser, sehingga anda dapat melakukan beberapa hal yang belum bisa dilakukan saat belum dalam keadaan root. Lenovo S660 merupakan smartphone dengan layar LCD 4,7  inci bekerja pada sistem Android OS, v4.2 (Jelly Bean), dan prosesor Quad-core  Cortex-A7 dengan kemampuan kecepatan akses hingga 1.3 GHz, GPU Mali-400MP2 dan chipset dari Mediatek MT6582M sebagai mesinya, serta dikombinasikan dengan RAM 1 GB, serta kamera 8 MP.

Dengan melakukan rooting pada perangkat android Lenovo S660 maka anda telah membuat Sistem Operasi Android Anda mempunyai hak akses root. Root merupakan suatu user yang mempunyai izin atau permisi untuk melakukan manipulasi file yang lebih banyak dan bebas daripada user biasa. Jika Anda pernah menggunakan sistem operasi komputer berbasis linux tentunya Anda pasti akan menemui satu user root (super user) yang bertindak sebagai ‘Administrator’ dari sistem tersebut.


Pada Setting default, Sistem Operasi Android yang ada di smartphone pada umumnya tidak mempunyai user sebagai root, karena vendor-vendor smartphone memang tidak menyarankan untuk melakukan rooting pada produk smartphone. Adapun keuntunganya adalah sebagai berikut ;
  1. Bisa menghapus aplikasi yang di-install di memori internal.
  2. Bisa menggunakan sistem operasi yang dapat dikustomisasi. (Flash Custom ROM)
  3. Bisa mengubah konfigurasi manual hardware pada smartphone Android Anda.
  4. Lebih fleksibel dan leluasa dalam pengaturan penyimpanan data di memori. (dengan melakukan UnInstall Built In Aplikasi).

Persiapan Root Lenovo S660.

  • Walaupun melakukan proses root tidak menghapus data yang tersimpan pada memori internal tetapi saya sarankan anda untuk melakukan backup data Anda terlebih dahulu sebelum melanjutkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Usahakan baterei terisi sumber daya yang cukup dalam melakukan proses root, minimal anda dapt menyiapkan kira-kira 80% sumber daya yang tersimpan pada baterei.

Langkah Root Lenovo S660 (Towel Root).

    1. Aktifkan USB Debugging pada perangkat Lenovo S660 anda, dengan cara Klik setting >Developers Option>USB Debugging> lalu aktifkan Enable. untuk instruksi lebih detail anda bisa lihat guide Ini
    2. Untuk versi android 4.2.2 opsi developer option tersembunyi.
    3. Lanjutkan dengan masuk ke Settings dan centang Unknown Sources option dibawah Settings > Security. Anda juga dapat mengaktifkan menu ini saat menginstall TowelRoot.
    4. Download dan install frama root pada perangkat Lenovo S660 anda, setelah anda berhasil untuk mengisntal aplikasi ini, anda akan melihat ikon kecil dari aplikasi framaroot ini di layar LCD.

    5. Kemudian aktifkan aplikasi tersebut dengan cara mengklik atau mengetuk pada aplikasi frama root yang terdapat pada perangkat Lenovo S660 anda.
    6. Saat anda menjalankan framaroot, maka di bawah menu Select an action to execute after root akan terdapat opsi "Unroot", "Install Superuser" dan "install SuperSU"
    7. Anda dapat memilih menu Install Superuser untuk melanjutkan proses root pada perangkat Lenovo S660.
    8. Kemudian anda akan melihat tampilan dari fram root di layar ponsel anda seperti pada gambar dibawah ini.
      Root Lenovo S660
      Root Lenovo S660
    9. Anda dapat melanjutkan proses root menggunakan framaroot pada perangkat Lenovo S660  dengan cara menekan tombol boromoir.
    10. Tungg u proses root selesai, dan anda akan melihat tampilan seperti pada gambar dibawah ini.
      Root Lenovo S660
      Root Lenovo S660

    11. Setelah muncul tampilan tersebut, anda dapat melanjutkan dengan cara mereboot perangkat lenovo S660 anda.
    12. perangkat len ovo S660 sekarang sudah dalam keadaan root, untuk memastikan proses root berjalan dengan baik, anda dapat mencari aplikasi baru yang sudah terinstall ke dalam perangkat lenovo S660, yaitu berupa SuperSU.
    13. Selain dengan cara tersebut, verifikasi root dapat anda periksa dengan cara menginstall root checker yang bisa anda cari di google play store.

    Perhatian... !!! Do With Your Own Risk
    hati-hati dalam bereksperimen

0 comments:

Post a Comment

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!